Preprint / Version 1

Sosial Media Capabilities Dalam Peningkatan Kinerja Usaha, Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Kabupaten Purworejo

Sosial Media Capabilities Dalam Peningkatan Kinerja Usaha, Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Kabupaten Purworejo

##article.authors##

  • Nur Siyami STIE Rajawali Purworejo

Keywords:

sosial media, Kapabilitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor pendorong UMKM
untuk menggunakan media sosial dalam proses bisnisnya. Metode penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data
primer dan sekunder yang diperoleh dari wawancara, observasi dan penyebaran
kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha yang terdaftar
dalam Buku Profil UMKM Kabupaten Purworejo dengan jumlah 123 reponden.
Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purpossive Sampling. Data
dalam penelitian ini diolah dengan meliputi uji instrument yang terdiri dari uji
validitas dan realibilitas data, uji statistik yang meliputi uji korelasi dan uji
determinasi, pengujian terakhir adalah uji ketepatan model (Uji F). Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat penggunaan sosial
media capabilities maka semakin tinggi pula perkembangan kinerja UMKM di
Kabupaten Purworejo

Downloads

Posted

2024-05-08